Tuesday, February 15, 2011

Auto Shutdown

Terkadang kasihan juga melihat Pc/Laptop yang di tinggal sang pemilik tidur berjuang semalam buat download, gax kebayang kalau kita jadi si laptop. pasti bakalan capek banget . padahal jika kita teliti timer download telah menjelaskan berapa lama lagi file yang kita download selesai.

berikut cara bagaimana agar kita tidak terlampau jauh meninggalkan pc/laptop yang sedang kita download . selain dapat membuat pc/laptop panas karna di tinggal cukup lama juga dapat menghemat listrik.




untuk mematikan secara otomatis berdasarkan waktu yang tertera pada jam pc/laptop kita, bisa menggunakan perintah berikut :

1. Berikut cara mematikan pc/laptop yang ingin dimatikan 10 Menit lagi dan di tambah dengan sebuah peringatan (+10 sesuaikan).
~# shutdown +10 waktunya shutdown

2. berikut cara mematikan pc/laptop yang ingin dimatikan berdasarkan jam dan menit keberapa, misal waktu skarang jam 22:30 dan akan di matika pada jam 23:10.
~# shutdown -h 23:10
atau
~# shutdown -hp 23:10

h = halt : mematikan system dan memindahkan proses ke runlevel 6
p = Power off

Dan jika ingin membatalkan cukup menekan CTRL+C . :)

untuk mengetahui perintah-perintah shutdown lebih banyak lagi bisa mengetikan perintah
~# shutdown --help

Semoga bermanfaat .

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon