Sunday, April 15, 2012

Install Borland C++ 5.02 In Linux

Sempet under construction beberapa hari karena bosan dengan tampilan blog ini, karena itu saya coba desain ulang, :D haihaihai... seperti judul di atas Install borland C++ 5.02 di linux, loh emang kenapa ya harus pake borland lagi seperti tidak ada compiler C/C++ aja di linux pake Borland-nya Windows. hohoho... jelas ada alasan tersendiri, :D mungkin pembaca bisa merasakan sendiri perbedaan dan yang di rasakan atau mungkin faktor kebiasaan, halah cari sendiri lah alasannya :D ok langsung saja. karena borland C++ di buat dari platfrom windows jadi kita membutuhkan perangkat lunak atau software untuk menjalankan software atau aplikasi Windows di Linux yaitu wine. untuk keterangan lebih lanjut mengenain aplikasi wine silahkan langsung menuju kesitus resminya wine.

Bagi yang belum punya Borland C++ 5.02 Silahkan Download Disini. (Password : abewisnu)

1. Install Wine
~# sudo apt-get install wine
atau
~# yum install wine 

2. Configurasi wine
~# winecfg
Maka akan muncul wine configuration, pada windows version pilih windows xp.

3. Extract dan masuk kedalam folder dimana borland C++ berada.
~# unzip Borland_C++_5.02.zip -d BC5
~# cd BC5

4. Install Borland C++
~# sudo chmod +x SETUP.EXE
~# wine SETUP.EXE
Maka akan muncul jendela penginstallan borland C++, dan lakukanlah penginstallan seperti biasa di windows xp. :D

Setelah terinstall kita bisa langsung menjalankannya dari manu --> system tools --> wine --> Borland C++, atau juga bisa memasuki directory tempat dimana kita install borland C++, secara default Borland C++ menginstall pada driver C:\BC5, di wine driver C:\ berada pada /home/user/.wine/drive_c, silahkan masuk ke directory home dan tekan CTRL+H untuk unhiden file dan folder .wine.

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon