Sunday, August 29, 2010

Mempercepat Koneksi ubuntu Menggunakan APT-FAST

untuk postingan kali ini saya akan memposting trik yang sudah saya terapkan 2 bulan yang lalu dan hasilnya lumayan bisa mempercepat koneksi saya yang super lemot.
trik ini saya pelajari dari ubuntu-indonesia dan seorang geek bernama Matt Parnell yang membuat sebuah script apt-fast dan membuat proses tersebut menjadi cepet dan ringan, syntax nya ngak jauh beda dengan yg dulu apt-fast. fitur ini cocok untuk digunakan buat para pengguna koneksi mobile-broadband dengan kecepatan yang kurang stabil alias minim.



Untuk dapat menggunakan fitur ini, silahkan unduh scriptnya Download Disini kemudian beri status execute dan simpan script tersebut di folder /usr/bin agar bisa diakses system.
Untuk lebih jelas, urut-urutan instalasinya seperti ini :
saya asumsikan lokasi download script apt-fast adalah /home/nama/Downloads/namafile .

Langkah pertama,
ekstrak file apt-fast.tar.gz (klik kanan trus open with archive manager,  lalu beri atribut execute dengan cara mengetikan diperintah berikut di terminal :
# sudo chmod +x /home/nama/Downloads/apt-fast

Langkah kedua,
kemudian copy file tersebut ke direktori /usr/bin

# sudo cp /home/nama/Downloads/apt-fast /usr/bin

Langkah ketiga,
kemudian test dengan mengetikkan

# sudo apt-fast update 

apabila tidak ada masalah, proses update akan terlihat dan bisa anda lihat seberapa cepet prosesnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

sumber

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon