Tuesday, August 16, 2011

Menambah widget recent comment pada disqus

Disqus merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil, situs populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu, untuk pengaturan secara manual, Disqus bisa diintegrasikan dengan jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Squares pace, Yola/SythaSite, DokuWiki, Storytlr, Sweetcron, Sandvox dan Chimp.

Tidak heran berbagai situs menganggap diskusi melalui dunia maya juga harus diperhitungkan kekuatannya, karena internet sejak kemunculannya hingga kini telah menjadi media komunikasi yang interaktif, yang tidak lagi menawarkan komunikasi satu arah. Pengguna internet di Indonesia tahun 2009 saja telah mencapai lebih dari 25 juta orang, dan diperkirakan akan meningkat sebanyak 25% setiap tahunnya. Maka dari itu kehadiran Disqus disambut baik oleh sekian banyak situs beserta penggunanya.

Untuk sistem komentar di blog, Disqus menjadi alternatif layanan komentar dari sistem komentar bawaan blog itu sendiri. Melalui Disqus, komentar-komentar dari para pengguna blog dapat difasilitasi dengan lebih baik. Selain itu, Disqus juga bisa dihubungkan dengan akun si pengguna di berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Gravatar, maupun situs-situs pendukung seperti Seesmic, dan lain sebagainya. Dengan menghubungkan Disqus dan akun jejaring sosial, maka komentar-komentar yang ditampilkan di Disqus akan secara otomatis muncul di akun jejaring sosial si pengguna tersebut.

Sumber : Wikipedia

Keterangan di atas sudah cukup lengkap untuk menjelaskan mengenai Disqus dan disini saya pun tidak menjelaskan lagi cara penginstallan disqus karna penginstallan tergolong cukup mudah dan singkat, yang kalian perlu lakukan hanya sigup dan mengikuti langkah-langkah yang telah di sediakan oleh situs disqus. Berikut sedikit tips tentang menambah widget recent comment disqus pada blogger. Tambahkan script di bawah pada HTML/Javascript pada widget blogger.


Note :
* Ganti sub domain abewisnu.disqus.com dengan nama sub domain disqus kalian.

Semoga bermanfaat.

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.