Sunday, May 03, 2020

Dbeaver Alternatif Heidisql Terbaik Untuk Linux!


Halo pecinta HeidiSql! dengan riang gembira penulis mempersembahkan Dbeaver! salah satu alternatif terbaik dari heidisql untuk pengguna linux. beberapa hari yang lalu saya di sibukan dengan bug's heidisql pada versi terbaru yang berjalan pada wine linux, dari icon yang tidak muncul, button yang hilang, sampai dengan listbox heidisql blank! sangat-sangat merepotkan.

Ini sangat di sesalkan karna saya adalah salah satu pengguna aktif heidisql dan juga pengguna aktif di sistem operasi linux walau Mysql Workbench hadir dengan fitur yang sangat lengkap, saya tetap lebih menyukai heidisql walau harus berjalan di wine. Salain Free (Gratis) heidisql lebih sederhana dan mudah di operasikan. 

Oke mungkin cukup pembahasan soal rasa sesal kali ini pada heidisql, yuk kita masuk membahas Dbeaver! 

Dbeaver! Adalah salah satu tool database multi-platform gratis yang sama pada umumnya seperi heidisql, Dbeaver! ini Open Source jadi dapat di kembali dikembangkan ataupun hanya digunakan sebagai administrator database, analis, dan semua pekerjaan umunya pada database.

Saat ini Dbeaver mendukung semua database populer seperti: MySQL, PostgreSQL, SQLite, Oracle, DB2, SQL Server, Sybase, MS Access, Teradata, Firebird, Apache Hive, Phoenix, Presto, dll. sangat-sangat lengkap bukan !


Pengoprasian Dbeaver ini sangat mirip dengan heidisql walau dari segi interface sedikit berbeda, namun di Dbeaver sudah di lengkapi dengan ER Diagram yang terhubung langsung ke database kita, jadi design database kita langsung terlihat beserta relasinya mungkin menyerupai Mysql Workbench atau mungkin ini adalah perkawinan silang antara HeidiSql Dengan Mysql Workbench. 

Bukannya tidak pernah mencoba, beberapa tahun lalu sempat nyobai tapi dengan gaya dan interfacenya di masa lampau gak banget deh. tapi setelah update informasi mengenai Mysql Database Design baru-baru ini saya kembali mencoba. Untuk kelengkapan informasi Dbeaver kalian bisa langsung mengunjungin situs resmi dbeaver.io. berikut sedikit gambaran Screenshoot dari tampilan Dbeaver!





Untuk penginstallan Dbeaver kalian bisa menginstall secara manual dengan mendownload pada situs resmi https://dbeaver.io/download/ Dbeaver juga tersedia pada sistem operasi selain linux yaitu Windows, Mac Os x, jika kalian menggunakan Ubuntu Kalian bisa install melalui Ubuntu Software, Atau jika kalian ingin menginstall melalui snap juga telah tersedia.

Oke, Sekian dulu curhatan saya kali ini, selamat mencoba ! :)

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon