Wednesday, July 07, 2021

Install Driver USB Bluetooth 5.0 Vention Pada Linux Ubuntu 20.04

Install Driver USB Bluetooth 5.0 Vention Pada Linux Ubuntu 20.04

Hai, Rindu, sudah sangat lama tidak posting artikel. antara fakum atau terlalu sibuk dengan pekerjaan. tapi allhamdulilah hikmahnya ketika terdapat kendala yang begitu sulit dalam menemukan solusi justru mengingatkan saya untuk berbagi kepada teman-teman semua.


Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman persoalan kendala saya mengenain Install USB Bluetooth 5.0 dongle tepatnya pada perangkat yang saya gunakan yaitu USB Bluetooth 5.0 Vention, ya seperti sahabat linux ketahui bersama bahwa linux selalu di kesampingkan oleh vendor dan selalu mengkedepankan sistem operasi yang berkomesil yang terkadang menjadi masalah sulitnya dalam melakukan instalasi driver pada perangkat linux seperti dengan tidak menyertakan driver khusus atau manual book khusus untuk linux. 


Penyebab kenapa saya terpacu untuk menginstall Driver USB Bluetooth 5.0 pada Ubuntu 20.04 karna saat ini beberapa perangkat jauh lebih praktis tanpa kabel, seperti permasalahan saya ketika menggunakan keyboard Bluetooth miliknya Rexus Daxa M71 Pro. oleh sebab itu dalam artikel saya kali ini, saya akan melakukan Instalasi dan Menghubungkan Perangkat keyboard Rexus Daxa M71 Pro Bluetooth 5.0 pada perangkat USB Bluetooth 5.0 Vention Pada sistem operasi Linux yaitu Ubuntu 20.04


Selain mouse yang saat ini saya gunakan sudah lebih dulu bemode bluetooth rasanya belum afdol kalau keyboard juga belum Bluetooth hehe. dan kenapa saya lebih memilih vention, karna vention ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya.


1. Mengizinkan kita terhubung ke 7 perangkat sekaligus dalam 1 waktu. Contohnya : menghubungkan perangkat keyboard, Speaker, Printer, smartphone Dll, satu perangkan Usb Bluetooth bisa di terhubung sampe 7 perangkat. Canggih bro! 


2. Jangkauan yang jauh hingga 20M Jika tanpa hambatan, USB Bluetooth 5.0 sudah berkembang pesat, berbeda dengan versi sebelumnya.


3. Transfer data yang jauh lebih cepat dari versi sebelumnya up to 24Mbps,3MB/S, dan untuk spesifikasi lebih lanjut silahkan mampir ke halaman resmi vention 


Baik, langsung saja ikuti langkah di bawah :

Buka terminal ubuntu 20.04 / CTRL+ALT+T. dan periksa daftar usb yang terhubung pada perangkat komputer kita dengan mengetikan lsusb.

abewisnu@ubuntu:~$ lsusb

Disini kita dapat melihat jelas dafta perangkat usb yang terhubung pada PC kita yaitu berupa Nama Vendor dan ID Vendor.

  abewisnu@ubuntu:~$ lsusb
...............
Bus 003 Device 003: ID 0bda:8771 Realtek Semiconductor Corp. Bluetooth Radio
...............
  

Oke selanjutnya, pergi ke halaman web beritkut INI dan silahkan DOWNLOAD selanjutnya Extact file 7zip.


Masuk kedalam direktori 20201202_LINUX_BT_DRIVER dimana file make berada dan jalankan perintar berikut :

abewisnu@ubuntu:~$ sudo make install INTERFACE=all

Restart ubuntu 20.04.  Setelah masuk kembali pada desktop ubutnu 20.04, Masuk kemenu setting -> Bluetooth


Silahkan pilih perangkat yang ingin kalian hubungkan ke bluetooth, sekian postingan kali ini dan semoga berhasil dan bermanfaat. 


I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.

3 comments

bang, bagian make file itu gimana sih ? maksudnya jalankan perintah sudo make install INTERFACE=all itu gimana ?

Tq bg.. saya sampai wa pihak penjual, apa ada link drivernya.only windows katanya. Untung abg ada drivernya. Mksh

Jalan sudo make install INTERFACE=all dalam folder driver 20201202_LINUX_BT_DRIVER


EmoticonEmoticon