Tuesday, June 28, 2011

Porteus 1.0


Pencobaan distro baru porteus setelah selesai download semalam :D , Sedikit terkejut dan tertarik untuk mencoba distro yang satu ini setelah melihat keterangan dari situs resmi porteus bahwa ini adalah project lanjutan dari distro slax yang konon katanya sudah tidak aktif lagi. gimana gak tertarik setelah melihat keterangan dari porteus ? distro slax yang dulunya adalah cinta pertama saya distro kecil sederhana ini yang banyak memberi saya semangat mengenal linux lebih dalam. :D



Porteus sendiri adalah linux lengkap sistem operasi yang dioptimalkan untuk menjalankan dari Live CD, sebagai portable USB flash drive dan juga penginstall ke hard drive, atau media penyimpanan lainnya yang bootable. Seperti halnya slax pada umumnya distro ini lumayan kecil (di bawah 300MB) dan juga insanely bisa di bilang cukup cepat dalam hall boot dan juga koneksi internet. Porteus juga terbagi dalam 32 & 64 bit .Portues mendukung beberapa bahasa yang berbeda dalam distronya, porteus juga menyediakan forum diskusi bagi pengguna porteus jika kita ketemu masalah bisa langsung mengunjungin forum dari porteus. :D

Porteus menyediakan 2 Desktop sekaligus di dalam distronya yaitu KDE 4.6.4 dan LXDE. wah bener-bener mengesankan, walau distro ini berkapasitas kecil namun cukup lenkap. kapasitas kecil dan ringan membuat distro poteus jalan lebih cepat ketimbang distro lainnya, tidak butuh waktu lama untuk masuk ke desktop porteus hanya hitungan detik kita sudah di suguhi distro yang menawan ini. porteus yang yang menggunakan Linux kernel 2.6.38.8 ini juga menyediakan fitur lengkap di dalamnya lebih lengkap dari yang saya duga, karna keraguan muncul saat melihat kapasitas disto yang tergolong kecil ini. untuk menjalankan audio dan video porteus sudah menyediakan fitur-fitur lengkap didalamnya.

Pada Games porteus menyediakan game standart bawaan dari KDE lumayan buat game rumahan.

Pada Graphics porteus menyediakan fitur-fitur pain sederhana dan ringan

Pada Internet porteus menggunakan mozila firefox sebagai default browser, KPPP sebagai Dial-up dan wired Sebagai Network manager.

Pada Multimedia porteus menggunakan audacious sebagai musik player, k3b Sebagai CD/DVD Burnig dan Kplayer sebagai media pemutar video.

Pada Office porteus menyediakan fitur yang lumayan lengkap menggunakan Kword sebagai word processing, Kspread - sebagai spreadsheet, Kpresenter - sebagai presentasi dan kformula sebagai formula editor.

Pada Setting porteus sudah menyediakan samba server sebagai media share dan configure panel yang lengkap.

Pada System porteus menyediakan porteus 2 usb untuk penginstalla ke media portable usb.

Pada Utilities porteus menyediakan ark sebagai media archiving dan KWrite sebagai text editor.

Untuk File manager porteus meggunakan konqueror.
Dan masih banyak Fitur Fitur lainnya yang di sediakan oleh porteus . Porteus Pantas dan layak anda coba apalagi yang dulunya juga pengguna slax, porteus lumayan stabil :D untuk mendownload porteus dan mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan kunjungin situs resmi porteus.org.

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon