Friday, April 06, 2018

10 Alasan mengapa Linux lebih baik untuk Programmer Dan Pengembang

Sistem operasi berbasis Linux sangat populer di kalangan programmer, pengembang, dan administrator server. Tapi tetap saja, ada banyak programmer baru yang tidak menyadari kekuatan Linux dan itu fleksibilitas. Saya berbicara tentang para programmer yang baru saja memulai karir dan yang telah menjadi pengguna Windows dengan waktu yang cukup lama.

Dalam artikel ini, Mari kita membahas 10 manfaat menggunakan Linux dan mengapa linux menjadi sistem operasi terbaik untuk programmer dan pengembang. Anda juga dapat membaca 5 daftar Distribusi Linux Terbaik untuk Pemula.

Mengapa Linux lebih baik untuk programmer dan pengembang?

1. Open Source
Linux adalah sistem operasi open-source, artinya, terbuka untuk umum. Seorang programmer dapat melihat dan mengedit atau berkontribusi pada kode sumber yang digunakan untuk membuatnya. Mereka dapat membuat versi sistem operasi mereka sendiri yang dapat membantu mereka dengan area khusus atau strategis. Negara lain juga mengembangkan sistem operasi mereka sendiri berdasarkan kode sumber.

2. Tidak ada batasan
Linux tidak memiliki batasan. Anda tidak perlu terus-menerus menunggu pembaruan fitur atau patch keamanan dan rintangan memperbarui lisensi pengguna. Sistem Linux sangat stabil dan kurang rentan terhadap malware dan virus. Ini dapat digunakan di lembaga pendidikan, di rumah. Di mana saja.

3. Struktur yang Dapat Dikonfigurasi
Linux disusun sebagai lapisan (Kernal, perangkat keras, IO, dan UI), yang dapat dikonfigurasi. Anda dapat mengubah sesuatu jika Anda tidak menyukai cara kerjanya. Linux tidak memerlukan antarmuka pengguna grafis jika anda tidak ingin berinteraksi dengan tampilan desktop, yaitu, hanya dengan menggunakan baris perintah (Shell) biasa di pergunakan pada linux server. Sistem Linux dapat disesuaikan dengan memanfaatkan kemungkinan maksimum dari perangkat keras yang anda gunakan. Sebagai open source, pengguna memiliki hak untuk melihat dan memodifikasi kode sumber dan bahkan membuatnya sendiri.

4. Lebih sedikit persyaratan Hardware
Linux sangat efisien dalam hal sumber daya sistem. Karena Linux dapat dikustomisasi, instalasi untuk pengguna dan untuk persyaratan perangkat keras tertentu mudah semilir. Prosedur pemasangan yang fleksibel memungkinkan pengguna memilih apa pun yang ingin dipasang. Ini bahkan memungkinkan pemrogram untuk menginstal Linux pada perangkat keras lama dan memungkinkan untuk memiliki penggunaan optimal dari semua sumber daya perangkat keras yang tersedia.

5. Ketersediaan alat pemrograman
Linux adalah gratis itu sebabnya semua perangkat lunak dasar (yang dibutuhkan oleh pengguna biasa atau bahkan pengguna tingkat lanjut) tersedia. Ada banyak perangkat lunak pendidikan yang tersedia di Linux. Rekan-rekan mengembang perangkat lunak yang profesional telah membangunnya dalam tampilan grafis desktop seperti pengeditan foto, pengeditan audio dan pengeditan video juga tersedia.

6. Komunitas suportif yang hebat
Linux sudah ada sejak lama tepatnya sudah lebih dari 26 tahun, pengguna linux telah membangun dukungan komunitas yang kuat selama bertahun-tahun. Programmer dapat dengan mudah menemukan dukungan melalui internet. Forum dan situs web lain yang merupakan penggemar Linux, dengan begitu pengguna serta pecinta linux lainya dapat segera membantu Anda ketika Anda memiliki pertanyaan serta masalah dalam menggunakan linux. Tentunya, Anda tidak akan pernah sendirian dengan sistem operasi linux.

7. Mudah dipasang
Sebagai seorang programmer, menginstal sistem operasi Linux seharusnya tidak pernah menjadi masalah yang membebankan. Menekan tombol yang diperlukan saat boot dan menavigasi petunjuk di layar akan mudah karena Linux tidak jauh berbeda dari menginstal program dari sistem operasi lain.

8. Permintaan
Permintaan untuk Linux sangat bagus. Karena gratis dan open source, semakin banyak pemrogram yang ingin membuat versi Linux mereka sendiri yang dapat berhasil di masa depan dan dapat membantu pribadi atau bahkan pemerintah.

9. Pembaruan yang mudah
Pembaruan di Linux sangat mudah. Karena semua jenis Linux memiliki repositori perangkat lunak terpusat sendiri, dan anda akan yakin hinngga 100% bahwa semua aman. Pembaruan rutin sistem yang tersedia dan bahkan dapat diperbarui tanpa memboot ulang sistem operasi. Pengguna dapat mengotomatisasi proses pembaruan. Tidak seperti Windows!, di linux pembaruan mengkonsumsi lebih sedikit penyimpanan dan serta pemakaian data Internet.

10. Kustomisasi
Linux menyertakan berbagai jenis opsi untuk perangkat lunak. Ini berarti bahwa aplikasi seperti pengolah kata (Office) dan peramban web (Browser) dapat diubah sesuai pilihan Anda. Pengguna Linux juga dapat memilih tampilan sistem, grafik, dan komponen antarmuka pengguna lainnya yang paling sesuai dengan gambar mereka. Idenya adalah bahwa dengan Linux, programer dapat menggunakan beberapa program kecil tetapi brilian yang dapat dikombinasikan sama sekali untuk menulis program dan utilitas yang sangat kuat bagi mereka untuk digunakan.

Kesimpulan
Ini adalah alasan dasar mengapa programmer harus menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka. linux ini gratis sehingga tidak perlu membeli OS serta membeli program pendukung lainnya. Ada banyak forum yang juga dapat membantu Anda ketika Anda membutuhkan saran, mendapatkan banyak ide dan mempermudah dalam pekerjaan anda. 

source : technotification.com

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon