Saturday, February 09, 2019

Windows Subsystem for Linux (WSL) On Windows 10

Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah cara yang efisien untuk mendapatkan manfaat dari sistem operasi Linux pada komputer atau laptop yang terintall Windows 10. WSL memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi Linux secara langsung pada sistem Windows 10 tanpa menggunakan perangkat lunak virtualisasi seperti VirtualBox atau VMware. WSL tersedia untuk Windows 10 dan Windows server 2019.

Windows Subsystem for Linux (WSL) pada dasarnya adalah lapisan kompatibilitas yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menjalankan binari Linux. Ini tidak mengandung segala jenis kode kernel Linux melainkan menggunakan antarmuka kernel yang kompatibel dengan Linux. Kelemahan dari WSL adalah tidak mampu menjalankan semua perangkat lunak Linux terutama yang membutuhkan layanan kernel Linux.

Kita dapat menjalankan aplikasi Linux dalam mode grafis dengan menginstal server opensource X11 pada Windows 10 (host), namun kinerjanya akan buruk karena kurangnya akselerasi audio atau perangkat keras.

Ada banyak keuntungan WSL juga, seperti pengguna tidak perlu menginstal mesin Virtual apa pun untuk menguji aplikasi Linux; kita dapat menginstal dan membuat Apache (LAMP stack), jenis Nginx server web secara asli pada Windows 10; berbagai jenis sistem distribusi Linux tersedia sebagai aplikasi seperti Debian, Ubuntu, Kali Linux dan OpenSuse; Konsumsi sumber daya yang rendah dibandingkan dengan mesin Virtual; bernavigasi di sekitar sistem file; penggunaan aplikasi baris perintah Linux melalui Bash dan banyak lagi ... Sekarang mari kita lihat cara menginstal subsistem Windows untuk Linux pada Windows 10 atau server Windows 2019. WSL tidak tersedia untuk versi Windows yang lebih lama.

Aktifkan Windows Subsystem untuk Linux (WSL) pada Windows 10 :
  • Buka Panel Kontrol
  • Klik opsi Program
  • Pilih fitur Turn Windows Mengaktifkan atau menonaktifkan
  • Cari ke bawah dan temukan Windows SubSystem untuk Linux
  • Ketika muncul untuk memilih kotak centangnya dan klik tombol OK.
  • Dalam beberapa menit, Subsistem Windows untuk Linux (ASL) secara otomatis akan diinstal pada sistem.
  • Setelah instalasi, klik tombol Restart Now.
  • Sekarang buka Microsoft Windows Store dan cari Linux kesukaan anda.
  • Instal salah satu aplikasi Linux open-source yang tersedia di Windows 10
Langkah 1: Klik pada menu Windows dan navigasikan untuk membuka panel kontrol.

Langkah 2: Dari Panel Kontrol, klik pertama pada opsi "Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows". Anda juga dapat mencari langsung dari kotak Pencarian Windows.

Langkah 3: cari ke bawah dan Anda akan menemukan opsi Windows Subsystem untuk Linux. klik atau ceklis dan kemudian tombol OK untuk menginstal WSL pada Windows 10.

Langkah 4: Ketika diminta untuk me-restart sistem, klik reboot now untuk update sistem pada windows.


Langkah 5: Setelah instalasi, buka Microsoft Store dan unduh app Linux .

Langkah 6:
Ketika Anda mencari istilah Linux: cari berdasarkan nama distro seperti Debian, Ubuntu, server, OpenSuse, Kali Linux maka akan muncul pilih yang ingin gunakan. Di sini saya menginstal Ubuntu 18.04.


Langkah 7: Setelah kita menginstal Ubuntu atau aplikasi Linux lainnya di Windows, maka cukup buka kotak pencarian dan ketik namanya. Sebagai contoh, saya telah menginstal Ubuntu, jadi kita ketikan Ubuntu.


Langkah 8: Setelah Anda membuka bash Ubuntu pada Windows Anda dapat menjalankan perintah asli Linux secara langsung pada sistem Windows 10 tepatnya perintah seperti yang ada pada distro yang anda pilih. Anda sekarang dapat mengatur web server Apache (LAMP) tanpa perlu server WAMP atau XAMPP. Semua file aplikasi Linux akan disimpan di Drive C Anda tanpa kontradiksi dengan file Windows.

Saya mencoba mengatur Apache dan PHP di Ubuntu pada subsistem Windows 10 untuk Linux dan itu bekerja dengan sempurna serta berkinerja lebih baik dari pada menginstal mesin virtual menggunakan VirtualBox atau perangkat lunak Virtualisasi lainnya.


Jadi, dengan cara ini, siapa pun dapat mengaktifkan subsistem Linux pada Windows untuk menguji berbagai perintah Linux tanpa banyak berkompromi pada perangkat keras. sekian tutorial mengenai Windows Subsystem for Linux (WSL) pada sistem operasi windows 10, jika anda menyukai silahkan share ke sosial media anda apabila terdapat pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar di bawah. terimakasih.

I am a fan of technology and i love coffee. I’m also interested in web programming and networking. below there are some accounts you can follow to contact me.


EmoticonEmoticon